Tajamnya Pisau

tajam pisau karena diasah. ya, bagi yang melewatkan masa sd-nya dengan benar pasti tau pepatah ini. artinya sederhana, suatu keahlian/keberhasilan didapat dari latihan/perjuangan. sederhana, semua anak sd juga kurasa tahu akan hal ini.

senin, 8 Januari kemarin, sehabis latihan saya diajarkan pendalaman arti pepatah ini oleh pembimbing tercinta. seperti kebanyakan orang, terkadang saya melewatkan hal-hal sederhana –seperti pepatah arti ini– karena kesederhanaannya. ah, kita mulai sajalah pembahasannya.

tajam pisau karena diasah. batu asahan memegang peranan penting di sini. jangan harap pisau akan semakin tajam jika diasah di batu karang.

tajam pisau karena diasah. berarti, untuk menghasilkan pisau yang tajam kita harus mengasahnya. untuk mengasahnya, berarti kita perlu mengetahui teknik-teknik mengasah pisau yang benar, seperti sudut batu asahan, arah asahan, dan hal lainnya.

tajam pisau karena diasah. sebaik apa pun pengetahuan kita dalam mengasah pisau, pisau tidak akan tajam jika tidak diasah. karenanya, berhentilah memelototi batu asahanmu dan mulailah mengasah.

tajam pisau karena diasah, tapi apakah pengertian tajam? setajam katana yang mampu membelah selembar kertas yang jatuh diatasnya kah? atau cukup setajam pisau sayur? mungkin pisau daging? tetapkanlah tujuan sebelum mengasah agar tidak membuang waktu karena mengasah terlalu lama ataupun gagal karena tak sabar untuk mengasah dengan baik.

adakah hikmah yang ingin kau tambahkan? silahkan komentar di bawah ini 🙂

Iklan

Satu pemikiran pada “Tajamnya Pisau

  1. ya ya . . mulai faham!!
    sblm melakukan aksi apapun, tunaikan dulu tjuannya,, biar tidak linglung selama perjalanan perjuanganny….

    Sippp, posting ok punya. .:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s