sedikit bahasa indonesia yang diacehkan

indonesia, adalah negara multikural yang benar-benar multikultural. begitu juga dalam penggunaan bahasa indonesia sendiri yang pasti sedikit berbeda di tiap pelosok daerahnya, termasuk di aceh.

nah, kenapa saya ngebuat tulisan ini? ada beberapa alasan, yang pertama yaitu ingin memperkenalkan aceh kepada orang yang ga pernah bersentuhan dengan aceh. palak (kesal, kalo di aceh bilangnya palak) juga rasanya banyak orang yang tau aceh cuma serambi mekah, tsunami, dan ganja. tolonglah, tsunami itu udah berapa tahun yang lalu kan?? bukannya ngesalahin orang yang bahas atau nanya tu, tapi masak ga ada hal lain yang diketahui tentang aceh? jadi mari kita mulai dengan beberapa istilah sehari-harinya aja. lanjut!

palak.  seperti yang diketik di atas, itu digunakan sebagai pengganti kesal. asal bahasa gak jelas.

ngompas. nah, ngompas atau kompas malah digunakan sebagai pengganti malak. jadi dipalakin=dikompasin. ga jelas asalnya dari bahasa mana.

paret. asalnya dari bahasa indonesia (parit). tapi anehnya orang bandung ga ngerti dengan kata ini, taunya cuma selokan.

rol. istilah untuk penggaris. saya juga baru tau kalo ini cuma di aceh (mungkin medan juga make). dugaan asal kata dari ruler.

apalagi ya? oh iya. ke, ko, dan kau (tapi penyebutannya lebih mirip kawu). istilah untuk orang kedua, kau. di medan juga pake kayaknya, kecuali ke. uniknya, ke dianggap lebih halus dari ko di banda aceh, tapi ko dianggap lebih halus di lhokseumawe.

celana lee (li), alias celana jeans. kayaknya gara2 ada merk lee’s, yang secara bahasa berarti punya si lee.

tok. kalo orang jakarta bilangja doang. atau dalam bahasa indonesia saja, tapi fungsinya sedikit berbeda. aceh tok-tok atau att (a-te-te) adalah istilah untuk orang yang ngomongnya medok aceh.

-lah. fungsinya sama kayak dong di jakarta. misalnya: mintalah=minta dong. ko ajalah yang buat=kamu aja dong yang buat.

sama. selain penggunaan dan arti yang sama seperti bahasa indonesia, ada juga pnambahan arti lainnya, yaitu seperti dan. contoh: aku sama dia ga datang=aku dan dia ga datang.

awak. kalo di bahasa melayu artinya kamu, di aceh artinya malah saya. sedangkan bahasa indonesia lebih mengartikan sebagai kru (contohnya awak pesawat). awak juga bisa diartikan sebagai orang di aceh. contoh: awak aceh (orang aceh).

bacol. kayaknya emang dari bahasa aceh, tapi sering dipake dengan bahasa indonesia. artinya penakut/pecundang.

cuak. artinya pengadu, penghianat, tidak setia kawan. bisa sebagai kata ganti orang ataupun sebagai sifat.

orang itu/ini. lebih sering digunakan sebagai ganti mereka.
kadang disingkat jadi orangtu/orangni.

kami dan kalian. kadang digunakan sebagai pengganti aku/saya dan kamu yang lebih sopan. umumnya digunakan oleh anak-anak atau perempuan dan ketika lawan bicaranya anak-anak atau orang sebaya. misal: kami ga suka makan tomat, kalian ajalah yang habisin jatah kami.

lantak laju. kayaknya sih ini dari bahasa aceh, tapi sering juga digunakan dengan bahasa indonesia. artinya kurang lebih hantam terus. kadang2 juga diganti dengan tekan terus (kalo org aceh bilangnya tekan teros).
contoh:
A: eh, jangan dipaksa, rusak nanti.
B: alah, gak papa, takot kali ko, tekan teros!

oh iya, banyak kata yang akhirannya u menjadi o (seperti o pada bakso) sama orang aceh. contohnya takot, pengecot, jaoh, butot, salot, laot, balot, belot (belut), dll. tapi tidak semua, malu, rusuh, kusut, dan banyak lainnya masih tetap sama.

akhiran i juga sering diganti jadi e (seperti e pada kata tempe). contohnya dindeng, beleng, kereng, saleng, sareng, maleng, anjeng, kereng, dll.

kali. bukan, bukan sungai. tapi digunakan sebagai ganti sekali/banget. contoh: palak kalilah liat muka dia!

masih banyak lagi yang lain, tapi capek aku ngetiknya, hhe. sekian untuk kali ini

Iklan

Satu pemikiran pada “sedikit bahasa indonesia yang diacehkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s