Sebuah cerita lama

Alkisah, ada seorang anak angkat raja di suatu masa. Walau anak angkat raja, ia tidak angkuh karenanya. Singkat cerita, saat dewasa, terusirlah dia dari kampungnya karena satu kesalahan fatal yang tidak sengaja dibuatnya, membunuh, karena melindungi temannya. Memang dari sananya ia terkenal dengan kekuatan fisiknya.

Bayangkan, dari gemerlapnya dunia, tetiba ia tak punya apa-apa. Terusir entah harus pergi ke mana. Putus asa? Mungkin, jika ia adalah saya. Saat itu, tanpa tujuan yang jelas, hanya satu pintanya; semoga jalan ini adalah jalan yang tepat.

Entah berapa jauh ia berjalan, entah berapa rotasi bumi ia lewati, akhirnya sampai ke sebuah keramaian manusia. Tidak jelas apa itu kota apa desa. Dalam kondisi kelaparan dan kelelahan, apa yang dilakukannya? Minta air dan makan dari manusia lainnya? Mungkin, jika ia saya. Bahkan dalam kondisinya, ia memilih berteduh di bawah pohon, sambil berharap kebaikan Tuhannya.

Tak lama, dari sumur tak jauh dari tempatnya, tempat manusia sikut-menyikut berebut memberi minum ternaknya, terlihat olehnya dua orang wanita. Dengan sabar menunggu kerumunan manusia yang berebutan air cepat bubar.

Singkat cerita, dalam kelaparan dan kelalahan ia menolong mereka. Pekerjaan yang memberatkan dua orang wanita tentu tak seberapa dengan fisiknya, dalam kondisi biasa. Bukan kali ini. Tapi toh ia tergerak juga. Lalu apa yang dilakukannya? Basa-basi kenalan sambil berharap minimal dikasi makan, mungkin, jika ia saya. Tapi ia hanya kembali ke bawah pohon tadi, kembali berharap pertolongan ilahi. Pertolongan. Bukan dari pengharapan pada manusia, tapi pada Tuhannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s