Bukan refleksi 70 tahun kemerdekaan

bukan, ini sama sekali bukan tulisan perayaan kemerdekaan, apalagi tulisan para pesimis yang merasa indonesia tidak mengalami kemajuan, atau bahkan di ambang kehancuran. ini juga bukan tulisan harapan-harapan kemerdekaan, karena seperti sudah terlalu banyak harapan dari 250 juta penduduk yang belum diwujudkan. ini adalah tulisan refleksi hari ini, betapa kita sangat mudah larut dalam momen kebahagiaan tanpa benar-benar tahu perjuangan yang dilakukan.

dari kemarin, banyak berseliweran tulisan berkaitan kemerdekaan di berbagai laman sosial maupun berita. ada harapan, penyesalan, bahkan cacian. dari kesemuanya itu, timbul satu pertanyaan:

berapa banyak dari generasi ini yang tahu tentang kemerdekaan? tentang perjuangan para tokoh dan pahlawan?

belum lagi kalau kita bicara tentang ambisi, mengkhianati janji, dan akal-akalan politisi seputar era kemerdekaan. tapi aku juga bukan orang yang layak menceritakan. maka kali ini, berikut disajikan beberapa buku elektronik tentang pahlawan kita yang mungkin terabaikan. janagn takut, ini bukan pelajaran sejarah. anda hanya akan menikmati cerita dan perjuangan mereka, layaknya membaca novel roman. semoga bisa menambah wawasan dan dijadikan teladan!

 

Muhammad Natsir, ulama, pendidik, pejuang kemerdekaan, dan politisi menjadi satu diri. pendiri partai Masyumi. salah satu teladan baik favoritku.

Sutan Sjahrir, perdana menteri pertama Indonesia, pendiri Partai Sosialis Indonesia

Dipa Nusantara Aidit, anak didik favorit Muhammad Hatta, yang kemudian berseberangan ideologi dan di kemudian hari menjadi ketua Partai Komunis Indonesia, partai komunis terbesar ketiga di dunia pada masanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s