Tipe Teman Terbaik

Katanya, hidup kita ini, bergantung pada sekitar kita. Kesuksesan bergantung pada karakter dan pola pikir, yang bergantung dengan siapa kita bergaul. Enam orang yang terdekat dengan kita, menentukan perkembangan karakter kita. Makanya, mawaslah dalam bergaul.

Itu inti salah satu tulisan yang pernah aku baca entah kapan dan di mana. Lupa. Ternyata, ini bukan hal baru. Jauh-jauh hari, sudah ada ulama yang berkata serupa. Entah siapa, tapi itulah isi khutbah jumat di suatu waktu sekitar dua bulan lalu. Menurut khatib, sang ulama ini mengelompokkan teman ke lima golongan.

Yang pertama dan terbaik, teman yang menjadi guru dalam kebaikan. Apakah secara langsubg maupun perbuatan, apakah kesopanan atau keterampilan. Pokoknya, dengan bergaul dengannya kita belajar hal yang baik.

Kedua, teman yang menjadi rekan dalam belajar kebaikan. Tidak semua orang mampu mengajarkan kebaikan, tapi banyak orang yang bisa saling menguatkan dalam pembelajaran.

Ketiga, teman yang menjadi orang yang bisa dan mau diajarkan kebaikan. Nah, ini menjawab paradoks yang berkata “bergaulah dengan orang yang baik-baik saja”. Kalau orang baik hanya bergaul dengan yang baik, maka bagaimana bisa orang yang belum baik menjadi baik kan? Makanya, kalau kamu sudah baik, tetaplah bergaul juga dengan mereka yang belum baik.

Keempat, teman yang tidak mengajak pada keburukan. Tidak semua orang baik, dan tidak semua orang ingin menjadi baik. Setidaknya, tidak saat kita mengenalnya, mungkin nanti. Selama ia tidak mengajak kepada keburukan, tak masalah.

Kelima, teman yang mengajak pada keburukan. Yang seperti ini, jelas bukan teman namanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s