Bahagia?

Sebelum menulis ini, aku mendapatkan tulisan generasi mana yang paling bahagia. Katanya generasi 60an. Sebelum-sebelumnya, mendapat pengakuan serupa dari generasi 80an dan 90an. Generasiku. Semuanya berbeda, dan mengaku paling bahagia.

Jika semuanya bahagia, mengapa mereka repot-repot meminta pengakuan sebagai generasi paling bahagia? Jika ia bahagia, mengapa harus menghina mengatakan yang lain tak bahagia jika belum seperti mereka?

Jika petani bisa bahagia dengan hasil panennya, nelayan dengan hasil pancingannya, mengapa di perkotaan seakan bahagia haruslah memiliki hape tertentu, kendaraan tertentu, menonton acara tertentu?

Padahal seorang bijak dari india jauh hari mengatakan carilah kebahagiaan ke dalam hatimu. Mereka yang mencari ke luar ibarat ikan yang meloncat dari kolamnya. Mati.

Padahal seorang bijal dari arab mengatakan dunia ini hanyalah ibarat persinggahan dalam perjalanan. Tapi lebih banyak orang sibuk mempernyaman tempat singgahnya alih-alih menyiapkan bekal berjalannya.

Entahlah. Mungkin aku terlalu lama melihat Tom Sam Cong melakukan perjalan ke Barat di Indosiar dulu. Juga kisah orang suci yang terdengar suara kerikil yang diikat di perutnya untuk menahan lapar tanpa mengeluh. Atau terlalu banyak membaca kisah-kisah para pemimpin dengan baju bertambal-tambal, sampai orang-orang tertukar antara sang pemimpin dan penunjukjalannya. Yang memanggul sendiri gandum untuk diberikan pada rakyatnya yang kelaparan. Mungkin juga, terlalu sering membaca cerita politikus yang tak mampu membeli sepatu keinginan hingga ajal menjemputnya, yang tak memiliki rumah saat keluar dari rumah dinasnya, yang hanya memiliki dua kemeja untuk pakaiam kerjanya. Entahlah. Mungkin cerita-cerita tadi hanya didengar sebagai pengantar tidur. Dianggap dongeng, seperti cerita Kera Sakti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s