tips menulis esai LPDP: Rencana Studi (Coursework)

sebenarnya kurang tepat sih dikatakan esai, tapi ya sudahlah haha.

sesuai namanya, tulisan ini harus menceritakan rencana studi kita, sedetil mungkin. beberapa bahkan ada yang menambahkan rencana pasca studi, komponen biaya dan sebagainya. nah, speerti biasa, kali ini aku akan menceritakan tentang pembuatan rencana studiku. ada beberapa bagian yaitu: latar belakang, program studi, dan rencana setelah kelulusan.latar belakang itu penting, jangan dianggap remeh. di sini, kita pamerkan tuliskan alasan-alasan kuat yang membuat kita ingin berkuliah di tempat yang kita tuju, jangan tulis karena mau jalan-jalan atau ga pengen kerja dulu. alasan kuatnya bisa macam-macam, mulai dari kebutuhan Indonesia di masa depan, cita-cita pribadi, atau nilai lebih dari prodi/universitas/negara yang kita tuju. aku pribadi, menggunakan argumen kebutuhan indonesia ke depannya, yang sesuai dengan bidangku tentunya. tutup dengan, ‘karena itu, saya ingin berkuliah di sini’.

program studi adalah bagian yang paling mudah. kenapa? karena seharusnya, informasi tentang ini udah cukup detail dituliskan di website jurusannya masing-masing. tinggal potong sana-sini, ambil yang relevan dengan argumen kita di awal tadi. berikan detil-detil penting seperti nama jurusan, gelar, lokasi, kredit/sks, estimasi lama kuliah, dan deskripsi singkat. jelaskan juga makul apa saja yang akan kita pelajari, terutama makul pilihan. jelaskan mengapa kita tertarik makul itu dan relevansinya dengan tujuan kita.

rencana setelah kelulusan adalah satu bagian yang tidak selalu ada di rencana studi awardee LPDP yang kulihat di internet. namun, menurutku ini adalah bagian yang sangat penting. bagian ini menunjukkan bahwa kita kuliah tidak sekedar kuliah, namun memiliki tujuan besar dan kita berjuang untuk tujuan ini. ini menunjukkan keseriusan kita dan kesiapan kita untuk berkuliah dan berkarir nantinya.

ada satu lagi bagian rencana studi yang sebenarnya cukup penting, yaitu rancangan anggaran biaya. bagi yang menuliskan, biasanya ini disampaikan sebelum rencana kelulusan. aku pribadi, tidak menuliskan hal ini sehingga ini ditanyakan saat wawancara. karena itu, pastikan kamu mengetahui tentang prodi, universitas, kota, dan juga negara tujuanmu!

masih ada yang kurang jelas? pastinya, haha. berikut dilampirkan rencana studiku. kalau melihat esai-esai awardee yang berseliweran di internet, tidak ada format baku sepertinya. silahkan berkreasi! šŸ˜€

tips ini adalah pendapat pribadi, bisa saja salah. buat yang berencana mengambil magister melalui jalur riset mungkin akan sangat berbeda bahkan.

Fatah, awardee LPDP PK 32

baca juga tips menulis esai peranku bagi Indonesia

13 pemikiran pada “tips menulis esai LPDP: Rencana Studi (Coursework)

  1. Saya rahman, saya berencana mau lanjut S2 dan mengikuti beasiswa LPDP.
    Sampai saat ini, saya mempunyai bisnis kecil kecilan di bidang elektronik secara online disisi lain juga saya menyukai ilmu eksakta aatau hitung-hitungan.
    yang menjadi pertanyaan adalah apakah beasiswa LPDP boleh memilih lebih dari 1 program studi, jika ya untuk rencana studi sebaiknya pilih prodi yg mana?
    Karena saya menyukai hitung hitungan jadi tertarik untuk mengambil prodi akuntansi atau matematika.
    Jika berkenan mohon dapat kirimkan contoh study plan Anda ke email saya di luthfi.abdul7@gmail.com dikarenakan saya masih bingung mengenai study plan tersebut.

    Terimakasih
    Salam hangat

    • halo rahman, terima kasih sudah mampir.

      LPDP mensyaratkan hanya 1 pilihan program studi dengan harapan, calon penerimanya adalah orang-orang yang sudah jelas tujuannya ingin melanjutkan studi. dan cita-cita ke depannya. adapun mengenai program studi yang mana, aku sama sekali tidak layak untuk memberikan masukan, karena kamu lah yang lebih tahu tentang tujuan hidup yang ingin diraih dan jalan yang tepat untuk meraihnya šŸ™‚

      jika ingin diskusi lebih lanjut, silakan hubungi ke email saya, mf.zuhri92@gmail.com

  2. Bang Fathah, ini salah satu blog komplit tentang LPDP. Saya juga menikmati tulisan tentang tips-tips yang bang Fathah sebutkan dengan sedikit humor! Kocak juga bang.
    Terimakasih ya.

      • Halo, Mas! šŸ˜€ Mau nanya format study plan. Aku cek berbagai sumber ttg study plan kok beda2 ya. Ada yg sampai ada perincian budget segala (which pasti lbh dr 700 kata), ada juga yang cuma essay biasa 500-700 kata. Yg benar yg mana ya? :’D Terima kasih banyaaak! šŸ™‚

  3. Halo, Mas! šŸ˜€ Mau nanya format study plan. Aku cek berbagai sumber ttg study plan kok beda2 ya. Ada yg sampai ada perincian budget segala (which pasti lbh dr 700 kata), ada juga yang cuma essay biasa 500-700 kata. Yg benar yg mana ya? :’D Terima kasih banyaaak! šŸ™‚

  4. Mas, saya sudah nulis study plan, tapi bingung sama term credit points di Monash university. apa sama kayak sistem sks di kita? bales ya Mas.. thks šŸ˜ŠšŸ˜‰

    • Halo septia. Sistemnya sama, tapi 1sks ga sama dg 1 credit. Aku lupa berapa pastinya, dulu pernah ngegugel tapi lupa. Bisa coba gugel aja 1 SKS ekivalen berapa kredit poin

  5. hai kak, terimakasih tulisannya sangat membantu hehe, semoga saya bisa segera menyusul sebagai penerima beasiswa LPDP tahun ini šŸ™‚

  6. buat yg sudah selse untuk jurusan olahraga mohon seher ..apa judul tesis harus yg kita tulis di rencana study nanyinya kita pake..??

Tinggalkan Balasan

