Indonesiaku

kali ini, aku mau berbagi cerita. ini bukan cerita tentang cinta, bukan juga cita-cita. hanya sebuah cerita kebanyakan remaja kita. tapi juga cerita orang dewasa dan balita di negeri kita, indonesia.

cerita negeri kaya dimana, bayinya minum susu perusahaan eropa. mainan para balita diimpor dari cina. menjelang TK, disney dan kartun jepang menjadi tontonannya. mulai bisa membaca, bacaannya manga. banta berensyah, amat rhah manyang, malin kundang, cerita perwayangan, hanya tersisa di ingatan orang tuanya saja.

menjelang remaja, beda lagi ceritanya. teknologi menjadi kebutuhan primer melebihi nasi, meskipun hanya digunakan untuk buka sosial media dan ber-haha-hihi. hapenya bukan hape biasa, tapi hape pintar buatan korea, atau bermerk amerika meski dimanufaktur di cina.laptopnya juga sama, berbangga-bangga dengan merk cina, jepang, korea, atau amerika, padahal seringnya cuma dipake nge-game, itu juga buatan orang di luar sana.

tontonannya juga beda, liga inggris, spanyol, atau italia. yang perempuan, biasanya drama korea. ke bioskop, biasanya buat nonton film holywood. musiknya ga jauh-jauh dari k-pop atau boyband jepang dan korea, tercampur dengan beberapa lagu barat. pemusik nasional? mereka-kan hanya KW sekian belas grup luar sana.

semakin dewasa, unik lagi ceritanya, semakin kaya! bayangkan, rakyat kita yang miskin saja makan makanan impor; tahu-tempe. nasinya sih sudah swasembada, tapi sayur-mayurnya dari negara tetangga. sapi? kita sih gak level ternak sapi, impor aja dari australia! sementara wajan dan peralatan lainnya juga masih diimpor dari cina.

inikah artinya jadi indonesia?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s