tulinya pemangku kebijakan bukan alasan untuk meneriakkan kebencian

di satu sisi, islam mengajarkan untuk menasehati—terutama pemimpin— secara langsung, bukan di tempat ramai, agar hatinya tidak tersinggung. kalaupun ia tidak melaksanakan, maka kewajiban kita menasehati sudah selesai. jika tidak mampu, lebih baik diam.

di sisi lain, islam mewajibkan menaati pemimpin, selalim apapun ia selama ia masih shalat, dan pemimpin indonesia menerapkan sistem demokrasi. demokrasi berarti rakyat boleh menasehati maupun mengkritik pemimpin secara terang-terangan. semua orang diberi hak menyampaikan pendapatnya. yang sering dilupakan, semua orang juga harus mempertanggungjawabkan kata-katanya.

makanya di satu sisi, saya kurang menyukai jika ada yang menasehati pemimpin—SBY— secara terang-terangan tanpa menyediakan solusi, apalagi disertai bahasa yang kurang santun. di sisi lain, mereka tidak bisa disalahkan juga secara hukum, selama belum mengarah ke pencemaran nama baik.

sudah sepantasnya partai, organisasi, siapa pun yang membawa-bawa nama islam, hendaklah menyampaikan nasehatnya dengan cara-cara yang baik. jika ingin berdemo, demolah yang baik, jangan merepotkan warga sekitar. jika ingin berkomentar di media, berilah komentar yang menunjukkan karakter seorang muslim. jangan asal nyinyir asal nyindir. sadarlah, terutama kita yang bukan siapa-siapa, kemungkinan besar kata-kata kita tak bermakna bagi mereka. bagaimana pun, yakinlah setiap gerakan kita bermakna besar untuk menunjukkan kebesaran, atau malah kekerdilan islam. pada akhirnya, semua perbuatan kita akan memiliki arti terbesar bagi diri kita sendiri, yang akan mempertanggungjawabkannya kelak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s