perokok itu hebat

aku benci rokok, dan benci merokok. tapi, setelah dipikir-pikir, perokok itu hebat-hebat ya. mungkin, ga kalah hebat sama relawan-relawan bencana alam, atau pemadam kebakaran.

bayangin, relawan “cuma” mengorbankan tenaga dan waktunya beberapa minggu/bulan untuk menolong para korban, sampai selesai penanganan bencana. capek dan lelah itu pasti. salah langkah nyawa jadi taruhannya. beberapa teman saya bercanda harusnya mereka dipanggil duka relawan, bukan sukarelawan.

perokok? nah, lain lagi. “hobi” ini ternyata sangat mulia. bayangin, rata-rata mulai merokok saat remaja, anggap 15 tahun. kalo mereka meninggal di usia 65 tahun, berarti selama 50 tahun mereka terus merokok merelakan kesehatannya agar pabrik-pabrik rokok tidak ditutup dan karyawan-karyawannya tidak dipecat. bayangkan, 50 tahun!

sekarang saya baru mengerti, kenapa bapak-bapak dan kakek-kakek di kampungku susah benar berlepas dari selinting rokok. apa lagi bagi sebagian ustadz-ustadz dan teungku-teungku, wah, ini seperti menjadi amalan yang berhukum sunnah muakkad. pantas santri-santrinya yang masih kecil juga tak mau ketinggalan. lihat saja tukang-tukang becak, anak boleh tak punya biaya sekolah tapi untuk selalu ada bagiannya. tak peduli tiap malam terbatuk-batuk tak bisa tidur, tak peduli muntah darah, mereka tetap setia dengan rokoknya. demi sekian ribu petani dan buruh pabrik rokok, dan segelintir orang kaya pemilik perusahaannya. amboi, kanker paru-paru pun tidak bisa memisahkan keduanya. satu-satunya pemisah adalah kematian. kurang mulia apalagi hidup mereka?

anda sudah senyum atau masih mikir?

Iklan

Satu pemikiran pada “perokok itu hebat

  1. fenomena bro,
    -rokok indonesia menyumbang pajak terbesar
    -event2 besar selalu di dukung oleh rokok
    -rokok lebih diterima oleh masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s