Aku orang Lhokseumawe!

Dulu, selama dua tahun lebih ini:
“Aslinya dari mana?”
Aceh

Entah sadar atau tidak, kita, orang aceh, jarang kali nyebutin nama kota/daerah kita. Cukup bilang “aceh”, selesai. Ternyata, kita tidak sendirian, bisa dibilang orang non pulau jawa secara umum, atau setidaknya se-sumatra, kayak gitu.

“orang mana?”
medan“. Padahal aslinya mungkin brastagi.

“kalau dari logatnya orang padang ya?”
iya“. Padahal walau orang minang, asalnya bukan dari padang.

Kenapa? Entah dengan orang lain, tapi kalau dariku, alasannya satu; malas.

ah dibilang lhokseumawe dia juga ga tau
dia ke aceh aja ga pernah. Ngapain susah-susah jelasin lhokseumawe
malas kali jelasin lagi lhokseumawe itu di mana

Jadi, kebanyakan anak itb kenalnya aku cuma orang aceh. Kebanyakan mikirnya banda aceh, mungkin karena cuma tau nama satu kota itu aja.

“oo dari aceh? Kenal sama si A ga? Dia aceh juga?”
A? Angkatan berapa? Ga kenal. Dia ikut UKA ga?”
“dia angkatan xx. Ga ikut, dia anak univ lain sih. Ih masa ga kenal”
Dalam hati, “woi ko kira aceh itu segede apa? Aceh itu provinsi tau

Beda sama beberapa kawan yang dari jawa, misalnya

“asalnya dari mana?”
tuban
madiun
ngawi

Hingga akhirnya, sekarang Lhokseumawe terkenal sampai ke eropa sana gara-gara “ngangkang style”.

Kawan, sadarkah kita, mungkinkah minimnya info dengan daerah asal kita karena sikap kita yang begitu? Ga ada usaha kita membanggakan daerah asal, atau minimal biar dikenal.

kampungku ya gitu-gitu aja. Ga ada yang spesial

Itu bukan alasan. Mungkin kita yang nganggap itu biasa aja, karena udah berapa tahun tinggal di situ. Kalau pun ga ada yang spesial, jadikanlah kota itu spesial dapengan keberadaanmu sebagai putra daerah itu, hingga nanti orang berkata

“orang mana?”
lhokseumawe
“ooh. Sekota sama si fatah?”
iya, kok tau
“taulah, dia terkenal di sini. Jarang ketemu orang yang selalu tidur di kelas kayak dia”

Ehh…

Iklan

3 pemikiran pada “Aku orang Lhokseumawe!

  1. Ya begitulah bro kenyataan, kalau kita jelasin tambah bingung, jangankan orang luar aceh, orang aceh saja masih gak hafal nama2 daerah di aceh, apalagi setelah pemekaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s