Coca cola, haram?

sesuai judul, isi kali ini mempertanyakan keharaman coca cola. benarkah ia haram?bermula dari sebuah foto mengejutkan yang bertengger di news feed facebookku, aku pun jalan-jalan di dunia maya, bertualang mencari kebenaran. sebelumnya, silahkan liat fotonya: nah, dari foto tersebut dilingkari bahwa coca cola mengandung alkohol! tapi tunggu, jangan dulu terburu-buru mengambil kesimpulan. sebagai muslim, kita wajib menelusuri dulu informasi  sebelum menyebarkannya agar tidak terjadi fitnah. dua sepuh di internet kembali dikunjungi untuk mencari jawaban, mbah google dan om wiki. ga pake lama, hasilnya langsung keluar. berikut saya sertakan tautan berita yang saya dapat dari mbah google:

http://newsfeed.time.com/2011/02/15/is-this-the-real-thing-coca-colas-secret-formula-discovered/

ini yang bahasa indonesia;

http://www.lintas.me/go/zonaaneh.blogspot.com/apakah-coca-cola-mengandung-alkohol/1/

yang lebih mengejutkan, adalah berita dari om wiki. http://en.wikipedia.org/wiki/Coca-Cola_formula

bisa dilihat di sana, alcohol juga tertera. namun yang mengejutkan adalah sumber ke 14, yang jika kita telusuri sampai ke halaman berikut; http://www.thisamericanlife.org/radio-archives/episode/427/original-recipe/recipe kenapa mengejutkan? karena resep itu yang tertulis dari dulu! dari buku sang penemunya! berarti, sudah dari awal minuman ini haram?

Dari Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إنَّ الحَلالَ بَيِّنٌ وإنَّ الحَرَامَ بَيِّنٌ ، وبَينَهُما أُمُورٌ مُشتَبهاتٌ ، لا يَعْلَمُهنّ كثيرٌ مِن النَّاسِ ، فَمَن اتَّقى الشُّبهاتِ استبرأ لِدينِهِ وعِرضِه ، ومَنْ وَقَعَ في الشُّبُهاتِ وَقَعَ في الحَرَامِ ، كالرَّاعي يَرعَى حَوْلَ الحِمَى يُوشِكُ أنْ يَرتَعَ فيهِ ، ألا وإنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى ، ألا وإنَّ حِمَى اللهِ محارِمُهُ ، ألا وإنَّ في الجَسَدِ مُضغَةً إذا صلَحَتْ صلَحَ الجَسَدُ كلُّه ، وإذَا فَسَدَت فسَدَ الجَسَدُ كلُّه ، ألا وهِيَ القَلبُ
“Sesungguhnya perkara yang halal itu jelas, yang haram itu jelas, dan di antara keduanya ada perkara-perkara yang samar (syubhat), yang tidak diketahui oleh banyak manusia. Barangsiapa yang menghindari syubhat itu berarti dia telah membersihkan diri untuk agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus ke dalam syubhat itu berarti dia terjerumus ke dalam perkara yang haram, seperti seorang penggembala yang menggembalakan (binatang ternaknya) di sekitar daerah terlarang, hampir-hampir dia akan masuk menggembalakan (binatang ternaknya) di daerah tersebut. Ketahuilah, bahwa setiap raja memiliki daerah terlarang. Ketahuilah bahwa daerah terlarang milik Allah adalah perkara-perkara yang haram. Ketahuilah, bahwa dalam tubuh ada segumpal daging, jika baik maka akan menjadi baik seluruh tubuh, dan jika buruk menjadi buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa itu adalah hati.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Iklan

3 pemikiran pada “Coca cola, haram?

  1. wah itu sih belum dapat infonya 😀
    btw, walau pun secara substansi halal, beberapa orang ada yang mengharamkan (untuk dirinya sendiri) dengan alasan uang keuntungan perusahaan tsb banyak dipakai melawan islam. wallahu a’lam

  2. emang bener sih haram.
    tadi aku ada diskusi kecil dikampus mengenai simbol2 yahudi
    dan ternyata di tulisan cocacola emg bertuliskan La muhammad La mecca !!
    astaghfirullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s