Cool Runnings: sebuah film

kover cd film cool runnings

semalam, seperi biasa saya begadang nonton tv di rumah si abang. untuk keempat kalinya, saya nonton film patch adams, kisah nyata tentang idealisme seorang bapak dan perjuangannya untuk menjadi seorng dokter, di usia 39 tahun. pasti banyak yang sudah nonton film bagus ini.

tapi, bukan film ini yang ingin saya bahas. maleainkan film yang saya nonton di tengah-tengah, berjudul Cool Runnings.

Film ini menceritakan 4 pemuda Jamaika dan pelatihnya untuk nerusaha memenangkan olimpiade bobsled, dimana 4 orang menjadi satu tim untuk mendorong dan mengendalikan kereta luncur di arena es.

bayangkan, 4 pemuda Jamaika, negara kecil yang sama sekali ga punya musim dingin maupun salju, bermimpi tidak sekedar ikut olimpiade internasional, tapi juga berusaha meraih medali emas.

berbagai kesulitan mereka lalui, mulai dari mengumpulkan uang untuk ikut olimpiade, mendapat izin dari para juri, termasuk perpecahan tim karena satu dan lain hal.

tapi, lagi-lagi, bukan itu yang mau saya ceritakan di sini. masalah alur dan cerita, biarlah pembaca yang menonton sendiri. yang pasti, saya sangat menyarankan untuk menonton film keluaran tahun 1993 ini. banyak hikmah yang bisa diambil di sini. contohnya adegan yang paling saya sukai, yang akan saya bahasakan dengan bahasa saya sendiri;

di hari pertama, mereka jadi bahan cemoohan dan tertawaan karena penampilan yang amat buruk. usainya, mereka mengadakan evaluasi

irv (pelatih mereka): aku gak tahu harus bilang apa. kalian sudah hafal semuanya! kalian sudah mengetahui semua teknik-tekniknya! kalian sudah melalui jalur itu ratusan kali! tidak ada alasan bagi kalian bisa bersikap sebodoh itu! masalahnya ada pada diri kalian. aku tidak tahu itu apa, dan aku tidak bisa menolong kalian dalam hal ini. kalian harus memecahkannya sendiri! (keluar ruangan sambil membanting pintu)

yul: kita benar-benar kacau tadi. kita harus menemukan cara untuk rileks
derice: ketika tim Swiss mau rileks, biasanya mereka akan..
semua: argh,,, (menggerutu)

sanka: cukup tentang tim swiss! aku muak dengan semua itu! tim swiss ini, tim swiss itu. sudah kubilang berhitung dalam bahasa swiss (untuk aba-aba) bukan ide yang baik!

derice: tapi aku cuma mau kita menjadi yang terbaik! *derice selalu ingin mereka meniru tim Swiss, karena saat itu tim swiss merupakan yang terbaik

sanka: aku juga mau kita jadi yang terbaik! dan yang terbaik untuk kita adalah menjadi orang jamaika!

(hening sesaat)
sanka: dengar, aku tidak jauh-jauh datang ke sini hanya untuk kehilangan jati diri. kita disini sebagai perwakilan orang Jamaika. permasalahan kita adalah karena kita tidak menjadi diri kita sendiri. mungkin itu yang terbaik bagi tim swiss, tapi kita bukan mereka. kita harus berbicara, berjalan, dan bernyanyi seperti layknya orang Jamaika.

dan esoknya, mereka sepakat melakukan hal itu. mereka menaiki mobil tim dengan memutar musik jamaika dari speakernya keras-keras, dan berjalan santai sambil menyapa semua orang, seperti layaknya orang jamaika. semuanya berjalan lancar, termasuk permainan mereka yang benar-benar menjadi satu kesatuan.

di hari ketiga, mereka menjadi favorit penonton, karena penampilan mereka yang meningkat drastis kemarin. namun ada hal buruk yang menunggu…
penasaran? silahkan nonton sendiri filmnya 😀
untuk tambahan info, bisa dicek di http://www.imdb.com/title/tt0106611/

2 pemikiran pada “Cool Runnings: sebuah film

Tinggalkan Balasan

