Peran Sosiopreneur Bagi Masyarakat

Kemajuan suatu negara ditentukan oleh kemandirian negara tersebut, yang sering dikaitkan dengan entrepreneurship di negara tersebut. Maka dari itu, diperlukan adanya penanaman jiwa kewirausahaan terutama di kalangan generasi penerus.

Namun, pengusaha yang hanya mementingkan dirinya sendiri bisa melakukan apa saja untuk mencapai tujuan pribadinya sendiri tanpa menyadari keadaaan masyarakat di sekitarnya. Gerakan demonstrasi Pendudukan Wall Street menjadi contoh nyata, di mana para pendemo memprotes tindakan bankir-bankir Wall Street memberikan kredit secara berlebihan tanpa memperhitungkan resiko, yang kemudian berakibat pada resesi ekonomi dunia tahun 2008.

Ternyata, jiwa enterpreneur saja tidaklah cukup. Jiwa entrepreneur tanpa diimbangi dengan jiwa sosial maka belum tentu bisa memperbaiki keadaan suatu bangsa. Sosiopreneur, kadang disebut pengusaha sosial (social enterpreneurship), memiliki motivasi yang sama dengan pengusaha lainnya, yaitu menjadi sukses, tetapi mereka juga fokus pada sebuah tujuan yang melampaui hal ini. Kepedulian mereka tidak berhenti hanya di kesejahteraan keluarga dan diri mereka sendiri.

Sosiopreneur peduli  terhadap kesejahteraan masyarakat dan masalah sosial yang selalu ada dan belum terselesaikan semuanya. Memang dibutuhkan kerja keras dan kesatuan yang kokoh untuk memperbaiki keadaan sosial suatu komunitas, namun hal ini tidak menghentikan mereka. Sosiopreneur berfokus pada satu tujuan: memperbaiki yang salah.

Nilai sosial yang ada dalam suatu komunitas masyarakat pun ada saatnya harus diperbaiki untuk keadaan yang lebih baik. Peran sosiopreneur disini adalah untuk mengubah paradigma masyarakat yang kuno untuk mencapai keadaan yang setimbang yang bisa menyejahterakan masyarakat tersebut. Berusaha memahami masalah yang ada di masyarakat dan bergabung dengan mereka untuk melangkah bersama masyarakat dalam memajukan komunitas atau lingkungannya.

Sosiopreneur bisa menjadi tempat penampungan suara masyarakat yang mempunyai masalah, baik di bidang ekonomi atau apapun. Sosiopreneur juga merupakan wadah bagi para entrepreneur yang peduli terhadap keadaan bangsanya, dalam dunia kecilnya adalah masyarakat yang ada di sekitarnya. Contoh kecilnya adalah dengan menciptakan lapangan kerja sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh lingkungan atau masyarakat untuk menghasilkan karya yang bisa memperbaiki kehidupan lingkungannya, baik secara sosial maupun ekonomi.

Bisa juga membantu mereka dengan memberikan sosialisasi ataupun materi untuk membimbing mereka dalam menciptakan usaha yang mereka inginkan. Tidak semua masyarakat mengetahui bagaimana cara memanfaatkan potensi diri dan lingkungannya secara tepat untuk menjalankan usahanya, karena itu dibutuhkan entrepreneur yang memiliki jiwa sosial untuk membantu mereka.

Dalam pencapaian tujuan ini mungkin memerlukan waktu yang tidak sedikit karena untuk mengubah paradigma suatu masyarakat tidaklah mudah, apalagi masyrakat yang telah memegang teguh nilai-nilai yang ada dalam kehidupannya, terlepas dari baik-buruknya. Kesadaran dari tiap-tiap komponen yang terlibat sangat berperan penting dalam kesuksesan pencapaian kesejahteraan masyarakat. Para entrepreneur diharapkan bisa mengubah paradigma masyarakat untuk menyadari betapa besar potensi yang mereka miliki untuk meraih kesuksesan.

Tetapi dalam setiap langkah untuk itu pasti ada suatu kendala. Maka dari itu diperlukan kerjasama yang satu untuk mencapai tujuan tersebut. Jika kita hanya melangkah sendirian, maka semua itu akan terasa berat dan waktu yang dibutuhkan pun akan lebih lama.

Penulis: Nining Rohayati, FMIPA ITB ’11
Disunting oleh: Muhammad Fathahillah Zuhri, Teknik Fisika ’10

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s