Catatan Kecil Cita-Cita

sekedar catatan pribadi, pengingat untuk hari nanti.

seperti yang sebagian orang ketahui, saya mau ngebuat sekolah sendiri insya Allah ketika saya sudah mempunyai kemampuan untuk melakukannya. dari dulu, dari sma seingat saya, kalau bukan lebih awal lagi.

saya mau ngebuat sekolah yang mengajar setiap siswa menjadi manusia seutuhnya. sekolah dimana siswa dibentuk berdasarkan kemampuan dan kepribadiannya masing. karena setiap jiwa itu berbeda, tapi sama, sama-sama luar biasa. setiap orang mempunyai perannya sendiri di dunianya, karena itu semua orang juga haruslah menguasai bidangnya, bukan mengetahui banyak bidang tapi hanya sekedarnya seperti materi sekolah di indonesia. bukan sekolah yang menghasilkan robot-robot yang pintar berjalan yang ditetapkan, tapi manusia yang seutuhnya, yang tidak takut untuk mencoba dan gagal, mereka yang terus mencoba. mereka yang tidak mudah berpuas diri dari keberhasilan, dan tidak menyerah menghadapi kegagalan.

bukan juga manusia penghapal buku-buku yang yang digunakan, tapi mereka yang mampu mengambil pelajaran dari setiap detik kehidupan. bukan mereka yang sekedar meraup ilmu sebanyak-banyaknya, tapi mereka yang paling banyak mengamalkannya dan mengajarkannya.

mereka tidak harus memiliki nilai tinggi di pelajaran, tapi mereka yang memiliki cita-cita nyata dan berusaha mewujudkannya. bukan mereka yang mengejar nilai, tapi mereka yang belajar untuk ilmu, dan mereka yang mencari ilmu untuk diamalkan.

jelas bukan mereka yang mengutuki soal-soal ketika ujian, tapi mereka yang kembali belajar bahkan setelah ujian. bukan mereka yang mengutuki guru atau siapa pun atas kekurangannya, tapi mereka yang mengambil yang baik dari setiap hl dan meninggalkan yang buruk-buruk. dan jelas mereka bukanlah termasuk hipokrit -hipokrit yang mengutuki koruptor sambil terus menyontek. bukan mereka yang menggugat kebijakan negara tapi menghambur-hamburkan subsidi negara. dan mereka haruslah menjadi teladan di mana pun bumi mereka injak.

dan inilah akhir catatan ini. sebuah catatan pengingat cita-cita, dan sindiran untuk diri sendiri yang belum mampu memenuhi kata-kata yang sudah tertulis. pecut kasih sayang untuk mengingatkan diri ini agar selalu berusaha, dan meluruskan niat lillahi ta’ala

Iklan

3 pemikiran pada “Catatan Kecil Cita-Cita

  1. saya mau ngebuat sekolah yang mengajar setiap siswa menjadi manusia seutuhnya. sekolah dimana siswa dibentuk berdasarkan kemampuan dan kepribadiannya masing. karena setiap jiwa itu berbeda, tapi sama, sama-sama luar biasa. setiap orang mempunyai perannya sendiri di dunianya, karena itu semua orang juga haruslah menguasai bidangnya, bukan mengetahui banyak bidang tapi hanya sekedarnya seperti materi sekolah di indonesia. bukan sekolah yang menghasilkan robot-robot yang pintar berjalan yang ditetapkan, tapi manusia yang seutuhnya, yang tidak takut untuk mencoba dan gagal, mereka yang terus mencoba. mereka yang tidak mudah berpuas diri dari keberhasilan, dan tidak menyerah menghadapi kegagalan.

    sangat indah, saya berdoa semua cita2 ini terkabul, amien

  2. nice!!! it gives me passion and courage!! πŸ™‚

    semoga cita-citanya tercapai, dan ijinkan saya mengajar ya, khusus di bidang IT nya kalo ada πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s