kutipan buku: Jalan Cinta Para Pejuang

hhmm,, bulan ini abangku ngirimin cd installer mac os x 10.6 (pamer euy!). bersamaan dengan itu ada juga dikirim buku karya Salim A. Fillah; Jalan Cinta Sang Pejuang. yah,, ngeliat judul ini banyak kawan yang nyangka kalo ini adalah novel romantis. parah kali ga nyambungnya. jadi, sebelum dikutip, aku mau kasih tau dulu kalo ini bukan novel dan cinta ini adalah cinta kepada Allah. dan aku sangat suka buku ini karena pola pikirnya yang pragmatis dan benar-benar cocok untuk bahan renungan.  ok, langsung aja ke kutipannya!

(hal 140-141)

Inilah jalan cinta pejuang.. betapapun syahid adalah cita tertinggi, tapi ia tak boleh jadi hawa nafsu. karenaditujukan pertama-tama pada tiga orang yang  hardikan Allah di hari kiamat ditujukan pertama-tama kepada pejuang di jalan mereka masing-masing. seorang ahla Al Quran, seorang dermawan akbar, dan seorang mujahid yang zhahirnya mati syahid. di hadapan Allah mereka harus menjawab tanya, “untuk apakah semua ini kau lakukan?”

sang qari’ menjawab, “kau karuniakan padaku ilmu lalu kuajarkan ia pada manusia, semata-mata kuharap ridhaMu..”

sang dermawan menjawab, “kau karuniakan padaku harta dan kekayaan, lalu kunafkahkan ia di jalanMu, semata-mata kuharap ridhaMu..”

sang mujahid mnjawab, “kau karuniakan padaku kehidupan yang baik,lalu kunafkahkan jiwaKu di jalanMu, semata-mata kuharap ridhaMu..”

dan Allah berkata, “dusta! dusta! dusta!”

“kau ingin disebut ‘alim, dan kau telah dipuji-puji! kau ingin dipanggil dermawan, dan itu telah kau dengar! kau ingin dikenang sebagai pahlawan, dan keberanianmu telah termasyhur di mana-mana!” alangkah menyesal, alangkah ruginya.

“bekerja keras lagi kepayahan, memasuki neraka yang sangat panas!” (al Ghaasyiyah [88]: 3-4)

inilah uniknya jalan cinta para pejuang. setinggi apapun, cita tak boleh bergeser jadi hawa..

Iklan

6 pemikiran pada “kutipan buku: Jalan Cinta Para Pejuang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s